Guacamole (Foto: bbcgoodfood)

10 Makanan terpopuler di Mexico, Scholidays.com – Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Mexico, Anda perlu mengetahui beberapa makanan khas yang populer di sana. Berikut ini, ulasan singkat mengenai 10 makanan terpopuler yang dirilis oleh bbcgoodfood.com.

1. Chilaquiles

Hidangan sarapan tradisional yang populer ini menyajikan tortilla jagung goreng ringan yang dipotong menjadi empat bagian dan atasnya dengan salsa hijau atau merah (merah sedikit lebih pedas).

Telur orak-arik atau goreng dan ayam yang ditarik biasanya ditambahkan di atasnya, serta keju dan krim. Chilaquiles sering disajikan dengan dosis sehat frijoles (kacang yang digoreng lagi).

Chilaquiles (Foto: bbcgoodfood.)

2. Pozole

Menurut para antropolog, sup pra-Hispanik ini pernah digunakan sebagai bagian dari pengorbanan ritual. Dewasa ini, versi pozole ayam, babi, dan vegetarian sudah tersedia di lingkungan sehari-hari.

Terbuat dari jagung hominy dengan banyak bumbu dan rempah-rempah, hidangan ini direbus secara tradisional selama berjam-jam, sering semalam. Setelah siap disajikan, selada, lobak, bawang, jeruk nipis dan cabai ditaburkan di atasnya.

3. Tacos al pastor

Hidangan bersejarah ini adalah salah satu varietas taco yang paling populer, dengan asal-usul yang berasal dari tahun 1920-an dan 30-an dan kedatangan imigran Lebanon dan Suriah ke Meksiko.

Untuk membuat tacos al pastor (artinya ‘dalam gaya gembala’), potongan tipis daging babi dipotong dari ludah, diletakkan di atas tortilla jagung dan disajikan dengan bawang, daun ketumbar dan nanas.

4. Tostadas

Apa yang harus Anda lakukan dengan tortilla basi? Kenapa, goreng mereka tentu saja! Secara harfiah berarti dipanggang, tostadas adalah hidangan sederhana namun lezat yang melibatkan tortilla jagung yang digoreng dengan minyak mendidih hingga menjadi renyah dan keemasan.

Tostadas (Foto: bbcgoodfood)

Ini kemudian disajikan sendiri atau ditumpuk tinggi dengan sejumlah hiasan. Topping populer termasuk frijoles (kacang refried), keju, daging yang dimasak, makanan laut dan ceviche.

5. Chiles en nogada

Menawarkan tiga warna bendera Meksiko, chiles en nogada adalah salah satu hidangan paling patriotik di Meksiko. Cabai Poblano diisi dengan picadillo (campuran daging cincang, buah-buahan dan rempah-rempah) mewakili hijau pada bendera, saus krim berbasis kenari adalah putih dan biji delima adalah merah.

Berasal dari Puebla, sejarah menceritakan bahwa hidangan itu pertama kali disajikan kepada Don Agustin de Iturbide, pembebas dan Kaisar Meksiko berikutnya.

6. Elote

Anda akan menemukan seseorang menjual elote, nama Meksiko untuk jagung rebus, di hampir setiap sudut jalan kota di Meksiko. Jagung secara tradisional direbus dan disajikan baik di atas tongkat (untuk dimakan seperti es krim) atau dalam cangkir, biji-bijian telah dipotong dari tongkolnya.

Elote (Foto: bbcgoodfood)

Garam, bubuk cabai, jeruk nipis, mentega, keju, mayones, dan krim asam kemudian ditambahkan diatasnya.

7. Enchilada

Enchilada berasal dari zaman Maya, ketika orang-orang di Lembah Meksiko akan memakan tortilla jagung yang dibungkus ikan kecil.

Enchiladas (Foto: bbcgoodfood)

Hari ini baik tortilla jagung dan tepung digunakan dan diisi dengan daging, keju, makanan laut, kacang-kacangan, sayuran atau semua hal di atas. Tortilla yang diisi kemudian ditutup dengan saus cabai, sungguh suatu sarapan yg sempurna di Mexico.

8. Mole

Tiga negara mengklaim sebagai asa muasal mole (diucapkan ‘mol-eh’), makanan yg kaya akan saus ini populer dalam setiap masakan Meksiko. Ada banyak sekali jenis Mole tetapi semuanya mengandung sekitar 20 atau lebih bahan, termasuk satu atau lebih varietas cabai, dan semuanya membutuhkan pengadukan konstan selama periode waktu yang lama.

Mungkin Mole yang paling terkenal adalah Mole poblano, saus merah tua yang biasanya disajikan di atas kalkun atau ayam.

9. Guacamole

Guacamole tidak diragukan lagi merupakan salah satu hidangan paling populer di Meksiko, tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa saus tradisional ini berasal dari zaman Aztec.

Guacamole (Foto: bbcgoodfood)

Terbuat dari tumbukan alpukat, bawang, tomat, jus lemon dan cabai (dan kadang-kadang satu atau dua siung bawang putih), guacamole sering dimakan dengan keripik tortilla atau digunakan sebagai lauk.

10. Tamale

Tamale pertama kali dikembangkan oleh suku Aztec, Maya dan Inca yang membutuhkan makanan bergizi saat bepergian untuk berperang.

Kantung adonan jagung diisi dengan isian manis atau gurih, dibungkus dengan daun pisang atau sekam jagung, kemudian dikukus. Isinya bervariasi dari daging dan keju untuk buah-buahan, sayuran, cabai dan mole.

Sumber: bbcgoodfood

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here